Skip navigation

Srikitiew….jumpa lg dengan tulisan bodoh saia…

PERINGATAN:Postingan kali ini berisi banyak adegan anonoh n sadis tentang serangga,,

Malem itu seperti malam2 lainnya….

Melakukan ritual seperti biasana dengan teman saia yang bernama anang husni ato yg biasa saia panggil megalonyang,,,XP…

Di saat uang di dompet megalonyang menipis pasti dy dgn tampang sok memelas mengatakan kata2 ini:

’KE ATM YUUUUK,,,,YUK,,,,YUK,,,,,,’XP

Karena pada dasarna saia adalah orang yg lembut hati dan tidak tegaan maka dengan terpaksa saia antar juga dy…..XD….

Singkat kata,,setelah beres ngambil duit di atm danamon terdekat,,saia teringat oh teringat akan sesuatu yg penting…..yaitu,,,,jeng jeng jeng…..update-an P.E.S alias Putri.Elfrida.Sept eh……Pro Evolution Soccer denk,,,,,,XP,,

Demi untuk mendapatkan update-an P.E.S tersebut maka dengan ditemani megalonyang mampirlah saia ke kos2an temen saia yg bernama RIO,,,,,dan disanalah kisah kebiadaban serangga dimulai,,,,

Sampai di tempat rio saia tanpa basa-basi langsung minta tu update-an P.E.S…..namun saiankna oh saiankna,,,plisdis c rio tnyt raib alias hilang,,,,,,tp selidik puna selidik file-na masih tersimpan manis di kompi rio,,,,namun ternyata oh ternyata saia gag bawa plisdis,,,T.T…..maka saia memutuskan meminjam plisdis dari teman saia yg lain yg bernama RESHA yg kenetulan satu kosan ma rio,,,,,,,sialna oh sialna dy lg mandi n kamarna dikuntji…..mana mandina lama bener…wew…..ngapain aja ya?XD

Maka saia memutuskan menunggu dgn sabar di kamar rio sambil membatja beni-mice,,,,sedangkan mas megalo membatja manga baseball2 gitu,,,,,gtw judulna,,,,,

Pas lagi mbatja2,,,,,dtg teman rio yg lok gag salah bernama LEO,,,,,trus mereka mbahas apa gt….mbuh,,,ra urus,,,XP,,,,,saia teruskan membatja beni-mitje,,,,,,

Di saat itulah kejahatan terjadi,,,,sesosok benda,,,tjoklat,,,mengkilat,,,,bau,,,terbang dengan ketjepatan tinggi di atas kepala kami,,,,,,,SUMPAH!!!!itu bukan kantjut saia!!!SUMPAH!!!!XD……apakah itu?yeup…itu adalah ketjoa…..

Menyadari itu adalah ketjoa si megalo lgsg berjingkrak jingkrak kegirangan..eh ketakutan,,,,,si rio menyusul bertingkah anonoh seperti mas megalo,,,,,dan 2 tjowo tersebut tangan-na jadi keriting ala bantji2 salon gt….wew…….

3 pria 'keriting'......XP..payah.......

Megalo:*ngomong ke saia mbil ketakutan*boi tangkep boi,,,buruan,,,,,,

Saia:iya…iya……*mulai mentjoba menepok c ketjoa*

Ketjoa:*menghindar dengan anggun,,,,sembunyi di balik buku2*

Rio:*sok berani*mana ketjoana?mana?

Saia:*nyingkir2in buku*

Ketjoa:*nongol dari balik buku mbil teriak ‘SURPRISE’*

Rio:*tangan keriting lalu berteriak*HwaAaAaAaAaA…..

Leo:*ngetawain rio….gag beranjak dari tempat dudukna,,,tampakna takut ketjoa juga,,,*

Ketjoa:*menyusup ke bawah tempat tidur*

Rio:*dengan panic,,,berkali2 meyemprotkan hit/baygon ke kolong tempat tidurna*

Ketjoa:*keluar mbil kliyengan mabok baygon/hit*

Saia:*melihat kesempatan emas,,,dengan gerakan yg indah langsung menepok tu ketjoa trus menendangna keluar kamar ,,,,,,,trus saia injak pake sandal*

Ketjoa:……………………………………

Rio:………………………………..

Megalo:dah mati gun?

Leo:bwahaahahahahahhahahahahahahaha…..

Saia:beres…….: )

Dan kejahatan c ketjoa pun berakhir,,,,,,,(buwat tjewe2 tjakep yg tjari tjalon suami yg bisa melindungi dari gangguan serangga,,,silahkan hubungi nomer ini…081904034123…XD)

pas mw pulang,,,saia sempat moto tu ketjoa……gag jelas coz pake kamera HP,,,tjoba bawa 1000D saia….XD……

penutup:

-update P.E.S sukses didapatkan namun sedikit mengetjewakan.

-pulang dari tempat rio,,nganterin megalo makan,,,,e di tempat makan lagi2 ada ketjoa…XD

Advertisements

Sunyaragi adalah nama suatu Cagar Budaya Indonesia yang unik. Sunyaragi berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebgaai Tamansari Sunyaragi. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang artinya adalah sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sansekerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Gua Sunyaragi merupakan salah satu benda cagar budaya yang berada di Kota Cirebon dengan luas sekitar 15 hektar. Objek cagar budaya ini berada di sisi jalan by pass Brigjen Dharsono, Cirebon. Konstruksi dan komposisi bangunan situs ini merupakan sebuah taman air. Karena itu Gua Sunyaragi disebut taman air gua Sunyaragi. Pada zaman dahulu kompleks gua tersebut dikelilingi oleh danau yaitu Danau Jati. Lokasi dimana dulu terdapat Danau Jati saat ini sudah mengering dan dilalui jalan by pass Brigjen Dharsono, sungai Situngkul, lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Sunyaragi milik PLN, persawahan dan menjadi pemukiman penduduk. Selain itu di gua tersebut banyak terdapat air terjun buatan sebagai penghias, dan hiasan taman seperti Gajah, patung wanita Perawan Sunti, dan Patung Garuda. Gua Sunyaragi merupakan salah satu bagian dari keraton Pakungwati sekarang bernama keraton Kasepuhan.

Lukisan artis tentang gua Sunyaragi

Kompleks tamansari Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air. Bagian luar komplek aku bermotif batu karang dan awan. Pintu gerbang luar berbentuk candi bentar dan pintu dalamnya berbentuk paduraksa.
Induk seluruh gua bernama Gua Peteng (Gua Gelap) yang digunakan untuk bersemadi. Selain itu ada Gua Pande Kemasan yang khusus digunakan untuk bengkel kerja pembuatan senjata sekaligus tempat penyimpanannya. Perbekalan dan makanan prajurit disimpan di Gua Pawon. Gua Pengawal yang berada di bagian bawah untuk tempat berjaga para pengawal. Saat Sultan menerima bawahan untuk bermufakat, digunakan Bangsal Jinem, akan tetapi kala Sultan beristirahat di Mande Beling. Sedang Gua Padang Ati (Hati Terang), khusus tempat bertapa para Sultan.info lebi lengkap tentang sunyaragi…klik aja disini….

foto2 pas di sunyaragi:

\

pas googling nyari tugas…gag sengaja saia nyasar ke salah satu blog…n nemuin postingan yak gini….

Ketika kamu bertemu orang tersebut,
Suka : Kamu ingin memiliki orang tersebut.
Sayang : Kamu ingin membahagiakan orang tersebut.
Cinta : Kamu ingin mengorbankan dirimu untuk orang tersebut.

Ketika kamu melihatnya menangis,
Suka : Kamu akan menyuruhnya untuk diam.
Sayang : Kamu akan terdiam dan ikut menangis bersamanya.
Cinta : Kamu akan membiarkan ia menyelesaikan tangisnya dan kemudian menghiburnya.

Ketika kamu sedang berduaan dengannya,
Suka : Kamu akan bertanya apakah kamu boleh menciumnya.
Sayang : Kamu akan memeluknya dengan sangat erat.
Cinta : Kamu akan memegang tangannya dan tidak akan pernah ingin melepasnya.

Ketika ia menyakitimu,
Suka : Kamu akan sangat marah dan tidak ingin berbicara dengannya lagi.
Sayang : Kamu akan menangis karenanya.
Cinta : Kamu akan tersenyum dan berkata dalam hati, “Dia hanya belum tau apa yang dilakukannya.”

dan…jawabanku untuk’nya’ per poin adalah….suka,,cinta,,,sayang,,cinta,,,

kalo kamu?apa jawabanmu?

ngejreng euy....ni band apaan ya?

widiw…..

halo-halo…sugeng siyang mas2e…mbak2e….

niki kulo badhe damel postingan malih…..

ahahhahahahahaha….aneh ya lok basa jawa jd tertulis gt….XD

speak-speak alias omong-omong….aahahhahahahaha…XD

sekarang kog musim jamur melayu ya?gag paham?gini maksudna…

ehem…..di tipi banyak jamur atjara musik….

trus berjamur irama yang mendayu2…..

berjamur tjengkok2 ngeden kepising…..syalallalaallalala…XD

berasa nonton siaran tipi malaysia euy…..XP

ahahahahhahahahaha….itulah jamur melayu…..

biasana lok dah mulai muntjul penampakan melayu di tipi saia,,,tangan saia dengan cekatan akan langsung mengganti channel……

tapi kali ini gag bisa…..

coz lg maem….tangan kiri megang piring….tangan kanan mentjiduk nasi ke mulut….mosog mindah channelna pake batang idung saia?susa dunk…XD

akhirna mau gag mau mata ini,,,mata ini,,,,mata ini diratjun ma video klip band melayu,,,,,,telinga ini…telinga ini….telinga ini…..ditusuk ma alunan nada yang mendayu2….*tolong yg di bold dilafalkan dengan tjengkok n gaya-na charlyh esteh duah gelash…..XD*……….

alhasil…selama mengunyah makanan…ditemani oleh video klip +- 3  menitan dari band yang teramat sangat keren itu….XD……dan tanpa disadari kepala saia mulai bergoyang ke kiri n ke kanan dengan binal-na…eh riang na…..badan saia berlenggak lenggok mengikuti irama yang mendayu-dayu….dua jempol saia goyang2 persis kaia yg dilakuin ma om2 lok nonton dangdutan…..pinggul saia bergoyang geol kaia yg ditjontohin ma artis dangduth ibukota…..bwhahhhaahahhahahahahaha….tjukup2…semua gerakan anonoh di atas tu boong besar semua……ahahahahahahahaa….

jd intina tu saia mw blg….musik tu sesuatu yg bebas…..gag bisa kita paksain…n kita gag bisa sembarangan mengeluarkan fatwa haram untuk musik melayu[emang MUI??XD]……mw suka rock,,,,melayu,,,dangdut,,,pop,,,jazz,,,de el el tu bebas,,,,,sebagai bangsa yg biadab…eh beradab….kita harus dunk menghargai apa yg namana KEBEBASAN….XD……

o ya ni ada lagu bagus dari SUPERGLAD yg menyinggung sepak terjang band2 melayu…download aja….bagus kog…kotjak…..lok mw download…..klik disini….

pagi ini saia mulai dengan mendownload manga-scan bakuman dan browsing2 kemana2 dan akhirna nemuin artikel tentang akhir kisah doraemon……doraemon adalah anime n manga yg menemani tumbuh kembang saia XD……..tiap minggu pagi nonton doraemon…ngeliat nobita yg suka pake alat2na doraemon setjara sembarangan,,ngintip shizuka mandi,,,dihajar ma giant,,,ga dibolehin pinjem mainan ma suneo,,,,tjemburu ma dekisugi,,,,,dimarain ibuna,,,,dimarain pak guru,,,,,ahahahahahha….pokokna nobita katjrut sangat lah……

saia juga suka batja komikna yg bejibun itu[tjuma minjem]…..yg komik doraemon petualangan juga[lagi2 minjem]……XD….

movie-na juga[lok ditayangin di tipi….wah saia belum liat yg remake petualangan di jaman dinosaurus eh ni mau muntjul lagi movie doraemon baru lagi…..judulna Nobita’s Great Battle of the Mermaid King…XD…pengen nonton]

movie doraemon terbaru.....^^

Di bawah ini spekulasi mengenai akhir kisah doraemon:

  • Kisah pertama —dan paling optimistik— dipublikasikan oleh Nobuo Satu beberapa tahun yang lalu. Diceritakan suatu hari, Nobita pulang ke rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tapi tak lama, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon; robot kesayangannya itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelepon Dorami, adik Doraemon, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Lebih jauh lagi, Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon seharusnya memiliki cadangan baterai pendukung memori di bagian telinga, tetapi karena Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan tentang diri dan kawan-kawannya; termasuk tentang Nobita. Disaat bersamaan, polisi-waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya “perjalanan waktu” dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa Doraemon untuk diperbaiki di masa depan. Dorami kemudian memberikan pilihan: nekat menerobos polisi-waktu, memperbaiki Doraemon di masa depan dan menghapus ingatannya atau menunggu seseorang dari masa depan datang dan memperbaiki Doraemon; Nobita memilih cara kedua. Nobita —yang sangat kehilangan Doraemon— kemudian berjanji untuk belajar keras demi Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus SMA dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di sekolahnya. Meskipun demikian, sifat Nobita yang ceria dan optimistik hilang, ia menjadi seorang kutubuku yang selalu menyendiri. Dua puluh sembilan tahun kemudian, diceritakan Dekisugi yang telah menjadi presiden Jepang, mengadakan reuni dengan Suneo dan Jaian. Ketiganya membahas mengenai masalah tentang “hilangnya” Doraemon dan tentang Time Paradox; sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat berubah dengan diciptakannya mesin waktu. dan dari percakapan itulah terpapar alasan kenapa patroli waktu tak memberikan ijin nobita untuk memperbaiki Doraemon di masa depan, karena nobita itu sendiri yang menciptakan Doraemon. setelah diperbaiki, doraemon menjadi mempunyai telinga dan berwarna kuning, dipeluknya erat-erat Doraemon. Dan mereka hidup bahagia selamanya.[2][3]
  • Yang kedua, akhir yang lebih pesimistik mengusulkan bahwa Nobita menderita autisme dan semua karakter yang ada (termasuk Doraemon) hanyalah karakter fiksi dalam imajinasinya saja. Ide bahwa Nobita yang sakit dan sekarat membayangkan semua seri di tempat tidurnya untuk membantunya menghilangkan depresi dan rasa sakitnya membuat marah banyak fans. Banyak fans di Jepang protes di luar kantor utama penerbit dari seri setelah mengetahui tentang hal ini. Penerbit akhirnya mengeluarkan pernyataan publik bahwa hal ini tidak benar.
  • Yang ketiga berisi bahwa Nobita jatuh dan kepalanya terbentur batu. Ia mengalami koma. Untuk mendapatkan uang untuk operasi agar Nobita selamat, Doraemon menjual seluruh peralatannya di kantong ajaibnya, namun, operasi tersebut gagal. Doraemon menjual semua peralatannya kecuali satu alat yang ia gunakan untuk mempersilahkan Nobita kemanapun ia mau, pada akhirnya, Nobita ingin pergi ke surga.

Semua kemungkinan ini didiskusikan dan diputuskan tidak ada akhir untuk kisah Doraemon. [4]

Terdapat tiga akhir yang resmi untuk kisah Doraemon yang dibuat. Doraemon tidak dilanjutkan di dua media karena pembaca semakin besar dan akhir dari kisah ini dipercaya dibutuhkan.

  • Pada bulan Maret tahun 1971, di majalah Shogaku 4-nensei [5]: Karena fakta bahwa pengunjung dari masa depan menyebabkan masalah, pemerintah pada abad ke-22 melarang adanya perjalanan waktu, berarti Doraemon harus kembali ke waktunya di zamannya dan meninggalkan Nobita.
  • Pada bulan Maret tahun 1972, isi dari majalah Shogaku 4-nensei: Doraemon, untuk beberapa alasan harus kembali ke masa depan dan berbohong untuk masalah mekanik sehingga Nobita memperbolehkannya pergi. Nobita mempercayainya dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon sembuh. Menyadari bahwa Nobita dapat merelakan kepergiannya, Doraemon memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke masa depan.

Akhir dari Doraemon yang ketiga merupakan akhir resmi karena rating TV yang rendah dan Fujiko Fujio sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan mengulang kembali untuk isu bulan depan. Pada tahun 1981, episode ini dibuat menjadi anime (disebut “Doraemon Comes Back”), dan pada tahun 1998, film ini dirilis sebagai film anime.

  • Pada bulan Maret tahun 1973, isi dari majalah Shogaku 4-nensei, Nobita kembali kerumah setelah kalah bertempur melawan Jaian. Doraemon lalu menjelaskan bahwa ia harus kembali. Nobita mencoba untuk menghalangi hal ini, tetapi setelah mendiskusikannya dengan orang tuanya, ia menerima kepergian Doraemon. Mereka melakukan perjalanan terakhir di taman. Setelah mereka berpisah, Nobita menemui Jaian dan kembali bertempur. Setelah pertarungan yang lama dengan Nobita mencoba untuk menang sehingga Doraemon dapat pergi tanpa khawatir, Jaian membiarkan Nobita menang karena Nobita tidak menyerah. Doraemon menemukan Nobita pingsan dan membawanya pulang. Ia duduk disebelah Nobita yang tidur dan setelah itu, Doraemon kembali ke masa depan. (cerita ini dapat ditemukan di bagian terakhir komik Doraemon nomor 6)
  • Versi animasi mirip tetapi lebih panjang. Pada saat hari April Mop, Nobita ditipu oleh Suneo dan Jaian yang menipunya tentang kembalinya Doraemon. Ia dengan senang pulang dan menanyakan kepada ibunya dimana Doraemon dan ternyata ia tahu bahwa ia ditipu. Nobita sedih dan membuka kotak dari Doraemon. Isinya adalah botol liquid. Ia mendengarkan suara Doraemon yang menjelaskan bahwa cairan tersebut disebut Uso 800 (Bohong 800) yang digunakan agar semua hal yang tidak benar yang diucapkan orang yang minum cairan tersebut sebagai hal yang benar. Nobita menggunakannya untuk menipu Jaian dan Suneo, seperti ia mengatakan cuaca hari ini sangat bagus, yang menjadi bohong dan mulai turun hujan deras sebelum ia mengatakan hari ini hujannya deras dan hujan tersebut berhenti. Jaian dan Suneo takut setelah beberapa trik dan ketika Nobita mengatakan apa yang akan terjadi. Nobita sangat gembira pada awalnya, tetapi segera hilang karena kangen akan Doraemon. Ia pulang, dan ibunya mengatakan Doraemon sudah pulang, ia tetapi tidak yakin dan yakin Doraemon tidak akan pernah kembali, seperti yang dikatakan Doraemon terhadap Nobita sebelum ia pergi. Cairan tersebut masih berfungsi, ketika ia sampai di kamarnya ia menemukan Doraemon, dan mereka gembira, tetapi karena pengaruh dari cairan, semua kata-katanya berubah menjadi Aku sangat tidak senang bahwa kita dapat kembali lagi.
  • Bagian ekstra dari animasi ini berasal dari buku komik Doraemon nomor tujuh.

Ketika duo Fujiko Fujio berpisah pada tahun 1987, ide akan akhir Doraemon yang tidak resmi tidak pernah didiskusikan. Sejak Fujiko F. meninggal tahun 1996 sebelum pilihan apapun tercapai, akhir dari Doraemon adalah fiksi para fans, tetapi, pada banyak episode dan film ketika Nobita melakukan perjalanan waktu menampilkan akhirnya ia menikahi Shizuka, memimpin menuju kehidupan yang bahagia dan terpisah dari Doraemon, walaupun Nobita dan temannya masih ingat dengannya. [6]

bwahahahahaahahahahhaha……spekulasi yang sering mampir ke telinga saia c yg doraemon abis batre na…trus nobita jd rajin…..spekulasi ini dilontarkan oleh orang2 yang sotoy n tidak berusaha mentjari kebenaran sebenar-benarnya……siapakah mereka?tidak berani sebut merek ah….

yg saia tau mengenai climax story dari doraemon adalah semua tu gag original alias bikinan para doujinka alias fan fiction….yeah mw gmn lg…g mgkn lah kita bisa nikmatin final chapter dari doraemon…wong mangaka na aja uda keburu meninggal…..hmmmm…..walo begitu dari sekian banyak versi mengenai akhir kisah doraemon,,saia c pengenna happy ending ….smw tokohna hidup berbahagia….gt aja….gmn teman2?XD

sebagai anak putsal,,malu dunk lok gag tw aturan standar putsal dari FIFA,,sulamad membatja aturan2 ni sampeg mudeng,,,XD,,,,

PERATURAN 1


LAPANGAN

  • UKURAN

Lapangan harus berbentuk bujur sangkar. Garis samping pembatas lapangan harus lebih panjang dari garis gawang:
Panjang : Minimal25 m, Maksimal 42 m
Lebar : Minimal 15 m, Maksimal 25 m
Ukuran Pertandingan Internasional:
Panjang : Minimal 38 , maksimal 42 m
Lebar : Minimal 18 m ,Maksimal 22 m

  • TANDA LAPANGAN

– Lapangan ditandai dengan garis. Garis tersebut termasuk garis pembatas lapangan. Garis yang lebih panjang disebut garis samping (touched line) dan yang lebih pendek disebut garis gawang (goal line).
– Lebar garis pembatas 8 cm.
– Lapangan dibagi menjadi dua dan diberi garis tengah.
– Titik tengah ditandai pada garis setengah lapangan dan lingkaran pada titik tengah dibuat dengan radius 3 m.

  • DAERAH PINALTI

Daerah Pinalti ditandai pada masing-masing ujung lapangan sebagai berikut :
– Seperempat Lingkaran, dengan radius 6 m, ditarik sebagai pusat diluar dari masing-masing tiang gawang.
– Seperempat lingkaran digambarkan garis pada sudut kanan hingga garis gawang dari luar tiang gawang. Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan dengan garis sepanjang 3,16m berbentuk paralel/sejajar dengan garis gawang antara kedua tiang gawang tersebut.

  • TITIK PINALTI

– Titik Pinalti Pertama digambarkan 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang dengan jarak yang sama.

  • TITIK PINALTI KEDUA

Titik pinalti pertama digambarkan di lapangan 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang dengan jarak yang sama.

  • TENDANGAN SUDUT

Seperempat Lingkaran dengan radius 25 cm ditarik di dalam lapangan dari setiap sudut.

  • DAERAH PERGANTIAN PEMAIN

Daerah pemain cadangan terletak pada samping lapangan dengan tempat duduk tim di kedua sisi yang sama sehingga mempermudah untuk pergantian pemain.

Daerah pergantian pemain terletak depan tempat duduk pemain cadangan dan dengan panjang 5 m. Daerah ini ditandai pada masing-masing sisi dengan garis yang memotong garis samping, dengan lebar garis 8 cm dan panjang 80 cm, dimana 40 cm digambarkan didalam lapangan dan 40 cm diluar lapangan.

Daerah Bebas berjarak 5 m dari garis tengah dan garis samping. Daerah bebas ini, secara langsung didepan pencatat waktu dan harus tetap dalam keadaan kosong dan bebas pandangan.

  • GAWANG

Gawang harus ditempatkan pada bagian tengah dari masing-masing garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang gawang (goal post) yang sama dari masing-masing sudut dan dihubungkan dengan puncak tiang oleh palang gawang secara horizontal (cross bar).

Jarak antar tiang ke tiang gawang 3 m dan jarak dari ujung bagian bawah tanah ke palang gawang adalah 2 m.

Kedua tiang gawang dan palang gawang memiliki lebar dan dalam yang yang sama yakni 8 cm. Jaring dapat dibuat dari nilon yang diikat ke tiang gawang dan palang gawang dibahagian belakang yang diberi beban.

  • KESELAMATAN

Gawang boleh dipindahkan, tetapi harus dipasangkan secara aman selama permainan.

  • PERMUKAAN LAPANGAN

Permukaan lapangan harus mulus, rata dan tidak kasar. Disarankan penggunaan kayu atau lantai parkit, atau bahan buatan lainnya. Yang harus dihindari adalah penggunaan bahan dari beton atau korn blok.

KEPUTUSAN DAN PENEGASAN

  • KEPUTUSAN 1

Jika garis gawang antara 15 hingga 16m, maka radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4m. Dalam hal ini, tanda titik pinalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi daerah pinalti, tetapi berada tetap pada jarak 6m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.

  • KEPUTUSAN 2

Penggunaan lapangan yang datar dan berumput alami, atau rumput buatan diperbolehkan hanya untuk pertandingan lokal, tetapi tidak untuk pertandingan-pertandingan yang bersifat Nasional dan Internasional.

  • KEPUTUSAN 3

Tanda/titik dapat digambarkan di luar lapangan, 5 m dari busur pojok pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang untuk memastikan bahwa jarak ini dapat diamati apabila tendangan sudut dilakukan. Lebar tanda/titik ini adalah 8 cm.

  • KEPUTUSAN 4

Tempat duduk pemain cadangan, berada dibelakang garis pembatas lapangan tepat disamping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu.

PERATURAN 2


BOLA

  • KUALITAS DAN UKURAN

Bola harus :
– Berbentuk bulat.
– Terbuat dari kulit atau bahan lainnya.
– Minimum diameter 62 cm dan maximum 64 cm.
– Berat bola pada saat pertandingan dimulai minimum 400 gram dan maximum 440 gram.
– Tekanannya sama dengan 0,4 – 0,6 atmosfir (400 – 600 g/cm³).

  • PENGGANTIAN BOLA RUSAK

Jika bola pecah atau rusak dalam suatu pertandingan:
– Pertandingan dihentikan sementara.
– Pertandingan dimulai kembali dengan menjatuhkan bola pengganti di tempat dimana bola pertama tersebut rusak.
Jika bola pecah atau menjadi rusak ketika bola tidak dalam permainan pada saat permainan dimulai, tendangan gawang, tendangan pojok, tendangan bebas, tendangan pinalti atau tendangan ke dalam :
– Pertandingan dimulai kembali sesuai dengan peraturan biasa.
– Bola tidak dapat diganti selama pertandingan tanpa ijin dari wasit.

  • KEPUTUSAN 1

Bola dari kulit laken/bulu (felt ball) tidak diperbolehkan.

  • KEPUTUSAN 2

Bola tidak diperbolehkan memantul kurang dari 55 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm pada pantulan pertama ketika dijatuhkan dari ketinggian 2 m. Dalam suatu pertandingan atau kompetisi, hanya bola-bola yang memenuhi persyaratan teknis minimal yang diatur dalam Peraturan No.2 diperbolehkan untuk digunakan.

Dalam suatu pertandingan atau kompetisi FIFA dan pertandingan lainnya di bawah pengawasan konfederasi, penggunaan bola Futsal tergantung pada tiga logo persyaratan yang tercantum pada bola:
Logo resmi “FIFA APPROVED” atau “FIFA INSPECTED” atau Referensi “International Match Ball Standard”

Logo yang tertera pada bola menyatakan bahwa bola tersebut telah diuji secara resmi dan sesuai dengan persyaratan teknis, masing-masing kategori beda spesifikasi yang diatur dalam Peraturan No.2, daftar persyaratan tambahan ditentukan pada setiap kategori dikeluarkan oleh FIFA. Institusi yang ditunjuk oleh FIFA yang akan melaksanakan pengujian tersebut.

Asosiasi Nasional dapat menyetujui penggunaan bola yang akan digunakan untuk kompetisinya sendiri atau pada seluruh kompetisi yang digelar, bola yang digunakan harus memenuhi salah satu dari tiga persyaratan yang telah ditetapkan dari Peraturan No.2
Apabila asosiasi nasional memperbolehkan penggunaan bola berlogo “FIFA APPROVED” atau “FIFA INSPECTED” untuk kompetisinya sendiri, maka asosiasi nasional juga harus memperkenankan penggunaan bola yang memegang rancangan bebas royalti “Internasional Matchball Standard”.

Didalam kompetisi FIFA dan kompetisi lainnya dibawah pengawasan konfederasi serta asosiasi nasional, tidak diperbolehkan bentuk iklan komersial apapun tertera pada bola tersebut, kecuali untuk plakat kompetisi, penyelenggara kompetisi serta merek dagang pabrik pembuatnya dengan membatasi ukuran dan jumlah tanda-tanda tersebut.

PERATURAN 3


JUMLAH PEMAIN

  • PEMAIN

Dalam setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari lima pemain, salah satu diantaranya adalah penjaga gawang.

  • PROSEDUR PERGANTIAN PEMAIN

Pergantian pemain dapat dilakukan sewaktu-waktu selama pertandingan berlangsung dengan mengikuti peraturan kompetisi resmi yang dikeluarkan oleh FIFA, konfedarasi atau asosiasi.
Jumlah pemain cadangan atau pemain pengganti maximum tujuh orang pemain.
Jumlah pergantian pemain selama pertandingan berlangsung tidak dibatasi. Seorang pemain yang telah diganti dapat masuk kembali kedalam lapangan untuk menggatikan pemain lainnya.

Pergantian pemain dapat dilakukan pada saat bola didalam atau diluar permainan dengan mengikuti persyaratan sebagai berikut:
– Pemain yang ingin meninggalkan lapangan harus melakukannya didaerah pergantiannya sendiri.
– Pemain yang ingin memasuki lapangan harus melakukannya pada daerah pergantiannya sendiri, tetapi dilakukan setelah pemain yang diganti telah melewati batas lapangan.
– Pergantian pemain sangat bergantung kepada kewenangan wasit, apakah dipanggil untuk bermain atau tidak.
– Pergantian dianggap sah ketika pemain pengganti telah masuk lapangan, dimana saat itu pemain tersebut telah menjadi pemain aktif dan pemain yang ia gantikan telah keluar dan berhenti menjadi pemain aktif.

Penjaga gawang boleh berganti tempat dengan pemain lainnya.

  • PELANGGARAN DAN SANGSI

Ketika pergantian pemain sedang dilakukan, seorang pemain cadangan masuk lapangan sebelum pemain yang akan digantikannya meninggalkan lapangan secara sempurna maka:
– Permainan dihentikan.
– Pemain yang diganti diperintahkan untuk meninggalkan lapangan.
– Pemain pengganti tersebut diperingatkan dan menunjukkan kartu kuning.
– Permainan dimulai kembali dengan melakukan tendangan bebas tidak langsung dilakukan oleh tim lawan dari tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan.
– Jika bola didalam daerah pinalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti, dilakukan dari tempat yang terdekat dengan posisi bola ketika permainan dihentikan.

Jika pada saat pergantian pemain dilakukan, pemain pengganti masuk lapangan atau pemain pengganti meninggalkan lapangan dilakukan bukan dari tempat atau daerah pergantian pemain yang telah ditetapkan, maka:
– Permainan dihentikan.
– Pemain yang melanggar diperingatkan dan menunjukkan kartu kuning.
Permainan dimulai kembali dengan tendangan bebas tidak langsung dilakukan oleh tim lawan dari tempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan.

Jika bola didalam daerah pinalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti, dilakukan dari tempat yang terdekat dimana posisi bola berada ketika permainan dihentikan.

  • KEPUTUSAN 1

Pada permulaan permainan, setiap tim harus bermain dengan lima orang pemain.

  • KEPUTUSAN 2

Jika dalam suatu pertandingan yang sedang berjalan pemain dikeluarkan, maka pemain yang tersisa kurang tiga pemain (termasuk penjaga gawang), pertandingan harus dihentikan untuk seterusnya.

  • KEPUTUSAN 3

Ofisial tim boleh berikan instruksi taktik kepada para pemainnya selama pertandingan berlangsung. Tetapi ofisial tim tidak dapat/tidak boleh mencampuri gerakan para pemain dan para wasit, dan harus selalu berlaku dengan yang wajar.

PERATURAN 4


PERLENGKAPAN PEMAIN

  • KESELAMATAN

Seorang pemain tidak boleh menggunakan peralatan atau memakai apapun yang membahayakan dirinya sendiri atau pemain lainnya, termasuk bentuk perhiasan apapun.

  • DASAR PERLENGKAPAN

Dasar perlengkapan yang diwajibkan dari seorang pemain adalah:
– Seragam atau kostum.
– Celana pendek – apabila pemain memakai celana dalam stretch pants, warnanya harus sama dengan celana pendek utama.
– Kaos kaki.
– Pengaman kaki (shinguards).
– Sepatu dengan model yang diperkenankan untuk dipakai terbuat dari kain atau kulit lunak atau sepatu gimnastik dengan sol karet atau terbuat dari bahan yang sejenisnya. Penggunaan sepatu adalah wajib.

  • SERAGAM ATAU KOSTUM

– Diberi nomor antara 1 – 15 dan harus tampak pada bagian belakang kostum.
– Warna nomor harus berbeda dan lebih kontras dengan warna bajunya.

Untuk pertandingan Internasional, nomornya juga harus tampak pada bagian depan kostum dalam ukuran yang lebih kecil.

  • PENGAMAN KAKI (Shinguards).

– Secara keseluruhan pengaman kaki harus ditutup oleh kaos kaki.
– Terbuat dari bahan yang cocok (karet, plastik atau bahan sejenis).
– Harus memberikan tingkat perlindungan yang cukup.

  • PENJAGA GAWANG

– Penjaga gawang diperkenankan memakai celana panjang, di bagian luar harus di tutup dengan kaos kaki.
– Setiap penjaga gawang memakai warna yang mudah membedakannya dari pemain lain serta wasit.
– Jika seorang pemain yang berada diluar lapangan ingin mengganti penjaga gawang, baju yang dipakai penjaga gawang pengganti, oleh pemain tersebut harus ditandai pada bagian belakang dengan nomor pemain itu sendiri.

  • PELANGGARAN DAN SANGSI

Untuk setiap pelanggaran dari Peraturan ini :
– Pemain yang melakukan kesalahan akan diperintahkan oleh wasit untuk meninggalkan lapangan, membetulkan perlengkapannya atau melengkapi salah satu perlengkapan yang hilang atau belum dipakai. Pemain tidak boleh kembali ke dalam lapangan tanpa melapor terlebih dahulu kepada salah seorang wasit, yang kemudian memeriksa perlengkapan pemain tersebut. Pemain diperkenankan masuk kembali, ketika bola berada diluar permainan (when the ball is out of play)

  • MEMULAI KEMBALI PERTANDINGAN

Jika Wasit hentikan permainan (sementara) untuk berikan peringatan dan menunjukkan kartu kuning terhadap pemain (yang) melakukan pelanggaran.
– Memulai kembali pertandingan dengan tendangan bebas tidak langsung dilakukan pemain dari tim lawan dari tempat bola berada ketika wasit hentikan permainan
KEPUTUSAN
1. Para pemain tidak boleh memperlihatkan kaos dalam yang memuat slogan atau iklan.
Pemain yang melepaskan baju kaos memperlihatkan slogan atau iklan harus diberikan sangsi oleh pengurus bidang kompetisi.
2. Baju kaos harus pakai lengan.


PERATURAN 5


WASIT

  • WEWENANG WASIT

Setiap pertandingan dipimpin oleh seorang wasit yang memiliki wewenang penuh untuk memegang teguh Peraturan Permainan sehubungan dengan pertandingan dimana ia telah ditunjuk untuk memimpinnya, terhitung mulai dari saat ia masuk sampai dengan ia meninggalkan lapangan tersebut.

  • KEKUASAAN DAN TANGGUNG JAWAB WASIT

– Memegang teguh Peraturan Permainan.
– Membiarkan permainan terus berlanjut ketika terjadi pelanggaran pada salah satu tim, namun pada saat yang sama tim yang dilanggar mempunyai kesempatan untuk mencetak gol. Tetapi, jika kesempatan tersebut tidak dapat diraihnya, wasit tetap akan memberikan hukuman kepada tim yang membuat pelanggaran sebelumnya.
– Mencatat hasil pertandingan sebagai bahan laporan pertandingan, termasuk memberikan hukuman terhadap para pemain dan/atau ofisial tim pada insiden lainnya yang terjadi sebelum, selama dan seusai pertandingan.
– Bertindak sebagai pencatat waktu jika ofisial/petugas yang ditetapkan, tidak hadir.
– Menghentikan, menunda atau mengakhiri pertandingan untuk setiap pelanggaran peraturan atau yang disebabkan oleh bentuk campur tangan luar.
– Memberikan hukuman terhadap pemain yang salah dan mengeluarkan pemain tersebut.
– Memastikan/menjamin bahwa tidak ada seorang pun yang tidak berkepentingan masuk kedalam lapangan.
– Menghentikan pertandingan jika, menurut pendapatnya, seorang pemain terluka parah dan memastikan bahwa ia dipindahkan dari lapangan.
– Memperkenankan permainan diteruskan hingga bola keluar lapangan permainan jika seorang pemain, menurut pendapatnya, hanya cidera ringan.
– Memastikan bahwa setiap bola yang digunakan memenuhi persyaratan dari Peraturan No.2

  • KEPUTUSAN WASIT

Semua keputusan wasit mengenai fakta yang berhubungan dengan permainan adalah final dan tidak dapat dirubah.
Wasit dan wasit kedua hanya dapat merubah keputusannya, jika menyadari bahwa mereka membuat kesalahan atau jika mereka beranggapan itu perlu dilakukan, asalkan permainan belum dimulai kembali atau pertandingan (belum) diakhiri.

  • KEPUTUSAN 1

Jika wasit dan wasit kedua, secara bersamaan mengeluarkan sinyal pelanggaran secara bersamaan dan terdapat perbedaan keputusan, maka tetap keputusan wasitlah yang dibenarkan.

  • KEPUTUSAN 2

Wasit dan wasit kedua, memiliki hak memperingatkan atau mengeluarkan pemain, tetapi jika terjadi perbedaan diantara mereka, maka tetap keputusan wasitlah yang dibenarkan.

PERATURAN 6


WASIT KEDUA

TUGAS:
Wasit kedua ditunjuk untuk menjalankan sisi lapangan yang berlawanan dari posisi wasit. Ia juga diperkenankan menggunakan peluit. Wasit kedua membantu wasit untuk mengawasi pertandingan sesuai dengan Peraturan Permainan.- Memiliki kekuasaan untuk menghentikan permainan untuk setiap pelanggaran Peraturan.
– Memastikan bahwa pergantian pemain dilakukan dengan baik.Dalam hal ini sering terjadi dimana tindakan yang diambil wasit kedua tidak sesuai dengan yang telah ditentukan, maka wasit dapat membebas tugaskan wasit kedua dari tugas-tugasnya dan mengatur pergantian wasit kedua. Seusai pertandingan melaporkannya kepada pejabat yang berwenang.KEPUTUSAN
Penggunaan wasit kedua diwajibkan pada pertandingan Internasional.

PERATURAN 7


PENCATAT WAKTU DAN WASIT KETIGA

  • TUGAS DAN KEWAJIBAN

Seorang pencatat waktu (Timekeeper) dan adanya wasit ketiga adalah penunjukan. Mereka duduk disisi luar pada pertengahan lapangan, disisi yang sama dengan daerah pergantian pemain. Seorang pencatat waktu dan wasit ketiga dilengkapi dengan jam/pencatat waktu yang sesuai (chronometer) serta peralatan yang diperlukan lainnya untuk mengakumulasi jumlah pelanggaran yang dilakukan, yang disediakan oleh asosiasi atau klub pemilik lapangan.

  • PENCATAT WAKTU (The Time Keeper)

Memastikan bahwa lama waktu disesuaikan dengan ketentuan Peraturan No.8 dengan:
– Menjalankan jam penghitung/pencatat waktu (chronometer) setelah tendangan permulaan (kick-off).
– Menghentikan jam (chronometer) ketika bola tidak dalam permainan.
– Memulai kembali permainan setelah tendangan kedalam, gol (bola masuk gawang), tendangan sudut, tendangan bebas, tendangan dari titik pinalti atau titik pinalti kedua, waktu time-out atau wasit menjatuhkan bola.
– Memeriksa waktu time-out (waktu sela) satu menit.
– Memeriksa tepat dua menit sewaktu menghukum ketika pemain telah dikeluarkan (send off).
– Menunjukkan akhir dari paruh pertama permainan dan akhir dari pertandingan, akhir dari perpanjangan waktu serta akhir dari time out dengan peluit atau bunyi sinyal lainnya berbeda dengan yang digunakan oleh wasit.
– Mencatat seluruh time-out yang tersisa bagi masing-masing tim, memberitahukan wasit dan tim dengan benar serta memberikan ijin untuk time-out ketika diminta oleh pelatih kedua tim (Peraturan No.8)
– Mencatat lima kesalahan pertama yang dilakukan oleh masing-masing tim, yang dicatat oleh wasit dalam setiap babak dalam pertandingan dan memberi sinyal ketika kesalahan kelima sudah dilakukan oleh salah satu tim.

  • WASIT KETIGA

Wasit ketiga membantu mencatat waktu:
– Mencatat lima kesalahan pertama yang dilakukan oleh masing-masing pemain disetiap babak dicatat oleh para wasit dan memberi sinyal jika kesalahan kelima sudah dilakukan oleh salah satu tim.
– Mencatat penghentian permainan dan alasan-alasannya.
– Mencatat nomor pemain yang mencetak gol.
– Mencatat nama-nama serta nomor pemain yang mendapat peringatan dan dikeluarkan.
– Memberikan/menyediakan informasi yang relevan mengenai permainan.

Dalam kejadian campur tangan yang tidak pantas/diluar batas dilakukan oleh pencatat waktu atau wasit ketiga, maka wasit akan membebas tugaskan mereka, mengatur penggantinya serta melaporkan kepada pihak atau pejabat yang berwenang, seusai pertandingan.

Dalam hal cidera, wasit ketiga dapat mengganti wasit atau wasit kedua.

  • KEPUTUSAN 1

Untuk pertandingan Internasional, diwajibkan untuk menggunakan pencatat waktu dan wasit ketiga.

  • KEPUTUSAN 2

Untuk pertandingan Internasional, jam pencatat waktu (chronometer) yang digunakan harus disesuaikan dengan seluruh fungsi-fungsi yang diperlukan (pencatatan waktu yang tepat, alat untuk mencatat sewaktu menghukum dua menit bagi empat pemain secara serentak/simultaneous), serta memantau pengumpulan kesalahan oleh masing-masing tim selama setiap babak permainan.

PERATURAN 8


LAMANYA PERTANDINGAN

PERIODE PERMAINAN

  • WAKTU UNTUK TIME-OUT (waktu sela)

Setiap Tim berhak meminta waktu untuk Time-out selama satu menit disetiap babak, kondisi berikut dapat diberlakukan untuk [/li][/list]mendapatkan Time-out:
– Para pelatih tim diberikan wewenang meminta kepada pencatat waktu untuk time-out selama satu menit.
– Time-out selama satu menit dapat diminta setiap saat, tetapi hanya diperkenankan jika Tim tersebut memegang bola (menguasai bola).
– Pencatat waktu dapat memberikan ijin untuk time-out ketika bola tidak dalam permainan dengan menggunakan peluit atau bunyi sinyal lainnya berbeda dari yang digunakan oleh wasit.
– Ketika time-out diberikan, para pemain harus tetap berada didalam lapangan. Jika selama masa time-out itu mereka ingin menerima instruksi dari ofisial tim, cara ini hanya dapat dilakukan hanya pada garis pembatas lapangan (garis samping) – yang sejajar dengan tempat duduk Tim dan pemain cadangan. Ofisial yang memberikan instruksi tidak boleh memasuki lapangan.
– Tim yang tidak meminta time-out pada babak pertama, pada babak kedua tim tersebut hanya berhak mendapatkan satu kali time-out.

  • JARAK WAKTU ISTIRAHAT

Waktu istirahat antar babak tidak boleh lebih dari 15 menit.

KEPUTUSAN DAN PENUGASAN

  • KEPUTUSAN 1

Jika Pencatat waktu tidak ada, pelatih minta time-out kepada wasit.

  • KEPUTUSAN 2

Jika peraturan kompetisi menetapkan bahwa perpanjangan waktu dilaksanakan pada akhir dari waktu normal, maka tidak ada time-out selama perpanjangan waktu (extra time) tersebut.

PERATURAN 9


MEMULAI dan MEMULAI KEMBALI PERMAINAN

  • PENDAHULUAN

Pemilihan tempat diputuskan melalui lemparan koin. Tim yang menang pada lemparan koin memutuskan gawang yang ingin diserang pada babak pertama pertandingan tersebut.

Tim lainnya melakukan tendangan pada babak pertama untuk memulai pertandingan.

Tim yang memenangkan lemparan koin melakukan tendangan pertama untuk mulai pertandingan dibabak kedua.

Pada babak kedua dari pertandingan, Tim-tim berpindah tempat (bench), dan menyerang gawang lawan.

  • TENDANGAN Permulaan (Kick-off)

Kick-off adalah cara untuk memulai permainan:
– Pada permulaan babak pertama pertandingan.
– Setelah gol tercetak/tercipta.
– Pada permulaan babak kedua dari pertandingan.
– Pada permulaan masing-masing periode perpanjangan waktu, jika dilakukan.
– Gol dapat dicetak/tercipta langsung dari kick-off.

PROSEDUR
– Seluruh pemain berada dalam setengah lapangannya sendiri. Lawan dari tim yang melakukan kick-off paling kurang 3 m dari bola hingga bola sudah dalam permainan.
– Bola ditempatkan dititik tengah lapangan.
– Wasit memberikan isyarat untuk memulai kick-off.
– Pada saat memulai pertandingan kick-off yang sah, apabila bola ditendang dan bergerak kearah depan.
– Penendang tidak boleh menyentuh bola untuk kedua kalinya sampai bola tersebut telah menyentuh/disentuh pemain lainnya.
Setelah salah satu tim mencetak gol, tendangan permulaan dilakukan oleh tim lainnya (tim lawannya)

  • PELANGGARAN DAN SANGSI

– Jika penendang menyentuh bola untuk kedua kalinya sebelum tersentuh/disentuh oleh pemain lainnya, maka tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada Tim lawan, dilakukan dari tempat terjadinya pelanggaran.
– Jika pelanggaran dilakukan oleh pemain didalam daerah pinalti lawan, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti dari tempat terdekat dimana terjadinya pelanggaran tersebut.
– Untuk setiap pelanggaran prosedur kick-off, maka kick-off

  • MENJATUHKAN BOLA = BOLA WASIT

Menjatuhkan bola adalah cara untuk memulai kembali pertandingan setelah penghentian sementara, menjatuhkan bola merupakan cara untuk melanjutkan pertandingan yang dihentikan bukan karena bola mati. Atau permainan dihentikan bukan karena bola melewati garis samping atau garis gawang atau untuk alasan apapun yang tidak disebutkan dalam peraturan permainan.

  • PROSEDUR

Salah seorang Wasit menjatuhkan bola ditempat dimana bola berada ketika permainan dihentikan, kecuali jika dia dalam daerah pinalti, dimana dalam hal ini ia menjatuhkan bola tersebut pada garis daerah pinalti, ditempat terdekat dimana bola berada ketika pertandingan dihentikan. Permainan dimulai kembali atau bola dalam permainan ketika bola sudah menyentuh lapangan.

  • PELANGGARAN DAN SANGSI

Bola dijatuhkan lagi/kembali..
– Jika Bola disentuh oleh pemain sebelum bola tersebut menyentuh permukaan lapangan (tanah).
– Jika bola meninggalkan lapangan setelah kontak dengan tanah, tanpa disentuh oleh pemain.

  • KETENTUAN KHUSUS

– Tendangan bebas diberikan kepada tim bertahan didalam daerah pinalti sendiri, boleh dilaksanakan dari titik mana saja dalam daerah pinalti.
– Tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim penyerang di dalam daerah pinalti tim lawannya, harus dilakukan dari garis daerah pinalti pada titik terdekat dimana pelanggaran dilakukan/terjadi.
– Dropped ball untuk memulai kembali permainan di dalam daerah pinalti, harus dilakukan di atas garis daerah pinalti pada titik terdekat dimana bola berada ketika permainan dihentikan.

PERATURAN 10


BOLA DI DALAM DAN DI LUAR PERMAINAN

  • BOLA DILUAR PERMAINAN

Bola diluar permainan, jika :
– Bola secara keseluruhan melewati garis gawang, apakah menggelinding atau melayang.
– Permainan telah dihentikan sementara oleh wasit.
– Bola menyentuh langit-langit.

  • BOLA DIDALAM PERMAINAN

Bola dalam permainan setiap waktu termasuk ketika :
– Bola memantul dari tiang gawang atau memantul palang gawang ke dalam lapangan.
– Bola memantul/menyentuh wasit ketika mereka masih berada didalam lapangan.

  • KEPUTUSAN

Ketika pertandingan sedang dimainkan/berlangsung pada lapangan indoor dan secara tidak sengaja bola menyentuh langit-langit, Permainan akan dilanjutkan kembali dengan tendangan kedalam, diberikan kepada lawan dari tim yang terakhir menyentuh bola. Tendangan kedalam dilakukan dari sebuah titik pada garis terdekat dibawah langit-langit dimana bola menyentuhnya.

PERATURAN 11


CARA MENCETAK GOL

  • GOL MASUK GAWANG

Kecuali ditentukan lain dari peraturan ini, dapat dikatakan gol ketika keseluruhan bagian dari bola melewati garis gawang antara kedua tiang gawang dan dibawah palang gawang, asalkan bola tersebut tidak dilemparkan, dibawa atau secara sengaja didorong oleh tangan seorang pemain dari tim penyerang, termasuk penjaga gawang.

  • TIM PEMENANG

Tim yang mencetak jumlah gol paling banyak selama pertandingan adalah pemenangnya. Jika kedua tim mencetak gol yang sama atau tidak tercetak/tercipta gol, maka pertandingan dinyatakan imbang atau seri.

  • PERATURAN DAN PERTANDINGAN

Untuk suatu pertandingan yang berakhir seri, peraturan kompetisi boleh menyatakan ketentuan yang menyertakan perpanjangan waktu atau dilakukan tendangan dari titik pinalti untuk menentukan pemenangnya.

PERATURAN 12



KESALAHAN-KESALAHAN dan KELAKUKAN JAHAT

  • TENDANGAN BEBAS LANGSUNG

Tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan, jika seorang pemain melakukan salah satu dari enam bentuk pelanggaran dibawah ini, dengan pengamatan wasit dan itu merupakan tindakan yang kurang berhati-hati, kasar atau menggunakan tenaga yang berlebihan :
– Menendang atau mencoba menendang lawan.
– Mengganjal atau mencoba mengganjal lawan.
– Menerjang lawan.
– Mendorong lawan, meskipun dengan bahunya.
– Memukul atau mencoba memukul lawan.
– Mendorong lawan.

Tendangan bebas langsung juga dapat diberikan kepada tim lawan, jika seseorang pemain melakukan pelanggaran sebagai berikut :
– Memegang lawan.
– Meludah pada lawan.
– Melakukan sliding tackle dalam rangka mencoba merebut bola ketika bola sedang dimainkan/dikuasai oleh lawan. Kecuali untuk penjaga gawang didaerah pinaltinya sendiri dan dengan syarat ia tidak bermain dengan hati-hati, kasar atau menggunakan kekuatan yang berlebihan.
– Menyentuh lawan sebelumya, ketika berusaha menguasai bola.
– Memegang bola secara sengaja, kecuali dilakukan oleh penjaga gawang didaerah pinaltinya sendiri.

Tendangan bebas langsung dilakukan dari tempat dimana terjadinya pelanggaran.

Semua pelanggaran yang disebutkan diatas merupakan kumpulan pelanggaran yang diakumulasikan.

  • TENDANGAN PINALTI

Tendangan pinalti diberikan, jika seorang pemain telah melakukan pelanggaran didaerah pinaltinya sendiri, tidak peduli dimana posisi bola, tetapi asalkan bola dalam permainan atau bola hidup.

  • TENDANGAN BEBAS TIDAK LANGSUNG

Tendangan bebas tidak langsung diberikan pada tim lawan, jika seorang penjaga gawang telah melakukan salah satu pelanggaran dibawah ini :
– Setelah melepaskan bola dari tangannya, ia menerima kembali dari rekan tim (dengan kaki/tangan), sebelum melewati garis tengah atau sebelum dimainkan atau belum disentuh oleh pemain lawan.
– Menyentuh atau menguasai bola dengan tangannya, dengan secara sengaja dikembalikan kepadanya oleh rekan tim (back pass).
– Menyentuh atau menguasai bola dengan tangannya, setelah ia menerima bola langsung dari tendangan kedalam yang dilakukan oleh rekan tim.
– Menyentuh atau menguasai bola dengan tangannya atau kaki, lebih dari empat detik.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan pada tim lawan, dilakukan ditempat terjadinya pelanggaran, jika menurut pendapat wasit seorang pemain:
– Bermain dengan cara yang membahayakan.
– Dengan cara sengaja menghalang-halangi gerakan pemain lawan tanpa ada bola padanya (yang dimaksud bola tidak dalam jarak permainan).
– Mencegah penjaga gawang melepaskan bola dari tangannya.
– Melakukan pelanggaran lainnya yang tidak disebutkan sebelumnya pada Peraturan No.12, yang mana permainan dihentikan untuk memberi peringatan atau mengeluarkan seorang pemain.

Tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan, dari tempat dimana terjadinya pelanggaran. Kecuali, terjadi didalam daerah pinalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti ditempat yang terdekat dimana pelanggaran terjadi.

  • SANGSI DISIPLIN

Kartu kuning dan kartu merah hanya dapat ditunjukkan kepada para pemain atau para (pemain) cadangan.

Para wasit memiliki kekuasaan untuk memutuskan sangsi disiplin kepada para pemain dari sejak ia masuk lapangan sampai meninggalkan lapangan setelah isyarat peluit akhir.

  • PELANGGARAN YANG DIPERINGATKAN

Seorang pemain diperingatkan dan menunjukkan kartu kuning, jika ia melakukan pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :
– Bersalah karena melakukan tindakan yang tidak sportif.
– Memperlihatkan perbedaan pendapatnya dengan melontarkan perkataan atau aksi yang tidak baik.
– Tetap melanggar Peraturan Permainan.
– Memperlambat atau mengulur-ulur waktu pada saat memulai kembali permainan.
– Tidak mengikuti perintah untuk menjaga jarak yang ditentukan ketika dilakukan tendangan sudut, tendangan kedalam, tendangan bebas atau tendangan gawang.
– Masuk atau kembali ke lapangan tanpa ijin wasit atau melanggar prosedur pergantian pemain.
– Secara sengaja meninggalkan lapangan tanpa ijin dari wasit.

Untuk setiap pelanggaran, dan kepada lawan akan diberikan tendangan bebas tidak langsung, dilakukan ditempat dimana terjadinya pelanggaran tersebut. Jika pelanggaran ini terjadi didalam daerah pinalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti pada tempat yang terdekat dimana terjadinya pelanggaran tersebut dan selain itu kepada pemain itu diberikan peringatan dengan menunjukkan kartu kuning.

  • PELANGGARAN YANG DAPAT MENYEBABKAN PEMAIN DIKELUARKAN

Seorang pemain atau pemain cadangan dikeluarkan dengan menunjukkan kartu merah, jika ia melakukan salah satu pelanggaran sebagai berikut :
– Pemain bermain sangat kasar.
– Pemain melakukan tindakan kasar.
– Meludah pada lawan atau orang lain.
– Menghalangi lawan untuk mencetak gol atau kesempatan mencetak gol dengan sengaja memegang bola dengan cara yang tidak diperkenankan dalam peraturan (hal ini tidak berlaku kepada penjaga gawang didalam daerah pinaltinya sendiri).
– Mengagalkan pemain lawan yang berkesempatan menciptakan gol dengan bergerak maju kedepan menuju ke arah gawang pemain tersebut. Dengan melakukan tindakan pelanggaran yang dapat dikenai hukuman melalui tendangan bebas atau tendangan pinalti.
– Mengeluarkan kata-kata yang sifatnya menghina atau kata-kata caci-maki.
– Menerima peringatan (Kartu Kuning) kedua didalam pertandingan yang sama.

  • KEPUTUSAN DAN PENEGASAN

Jika permainan dihentikan untuk sementara karena pemain melakukan pelanggaran No.6 atau No.7, tanpa melakukan pelanggaran peraturan lainnya, maka permainan dimulai kembali dengan tendangan bebas tidak langsung yang diberikan kepada tim lawan dan dilakukan ditempat dimana pelanggaran awal terjadi. Jika pelanggaran ini terjadi didalam daerah pinalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti pada tempat yang terdekat dimana pelanggaran terakhir terjadi.

  • KEPUTUSAN – KEPUTUSAN

1. Seorang pemain yang dikeluarkan oleh wasit (send off) tidak dapat ikut kembali kepermainan yang sedang berjalan, maupun duduk dibangku pemain cadangan dan harus meninggalkan sekitar lapangan. Pemain cadangan dapat masuk ke lapangan dua menit setelah rekan timnya dikeluarkan, kecuali tercipta gol oleh lawannya sebelum masa dua menitnya berakhir, dan pemain secara sah telah diijinkan oleh pencatat waktu. Dalam hal ini ditetapkan aturan sebagai berikut :

– Jika dalam permainan terdapat 5 pemain melawan 4 pemain dan tim dengan jumlah pemain yang lebih besar mencetak gol, maka tim yang hanya dengan 4 pemain dapat memasukkan pemain kelimanya.
– Jika kedua tim bermain dengan 4 pemain dan terjadi gol, maka kedua tim tetap bermain dengan jumlah yang sama.
– Jika dalam pertandingan dimana terdapat 5 pemain bermain melawan 3 pemain, atau 4 pemain melawan 3 pemain dan tim dengan jumlah pemain yang lebih besar mencetak gol, maka tim dengan 3 orang pemain dapat menambah hanya satu orang pemain lagi.
– Jika kedua tim bermain dengan 3 pemain dan terjadi gol, maka kedua tim tetap dengan jumlah pemain yang sama.
– Jika tim yang mencetak gol adalah salah satu dari tim dengan pemain yang lebih sedikit, maka permainan diteruskan tanpa menambah jumlah pemain.

2. Tergantung pada peraturan 12.
Pemain boleh sodorkan/operkan bola ke penjaga sendiri dengan kepala (sundulan pada bola dengan kepala), dengan dada atau lutut dan cara lain, asalkan bola telah melewati garis tengah (lapangan) atau telah menyentuh/disentuh atau dimainkan oleh pemain lawan.
Tetapi, jika menurut pendapat wasit, pemain sengaja melakukan tipuan ketika bola dalam permainan menghindari peraturan ini, pemain itu bersalah, berkelakuan tidak sportif. Pemain diberikan peringatan dan menunjukkan kartu kuning, dan tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan dilaksanakan dari tempat di mana pelanggaran terjadi dalam kondisi seperti itu, tidak ada hubungannya apakah penjaga gawang kemudian menyentuh bola dengan tangannya atau tidak.
Pelanggaran yang dilakukan pemain dalam usaha untuk menghindar dari ketentuan dan makna dari peraturan 12.

3. Menyerang yang dapat membahayakan keselamatan lawannya, harus diberikan sangsi sebagai pemain sangat kasar (must be sanctioned as serious foul play).

4. Tiap tindakan pura-pura di dalam lapangan adalah berniat menipu wasit, harus diberikan sangsi sebagai kelakuan tidak sportif (must be sanctioned as unsporting behaviour).

5. Pemain yang melepaskan baju kaos/shirt ketika merayakan suatu gol, harus diberikan peringatan untuk kelakuan tidak sportif (must be caution for unsporting behaviour).

———————————————————————-
*nb: diambil dari forum interclub indonesia

jeng…jeng..jeng…

aku siap….aku siap…aku siap*dengan gaya spongebob*

siap bikin postingan lagi maksudna…

postingan kali ini rada2 sedih n dijamin menguras air mata,air kolam n air laut….haiah….

gini ni tjeritana….

sore ini saia nyelonong ke kamar nyokap…halah nyokap…simbok saia…

saia ngemeng lok pengen potong rambut…

berhubung saia menderita penyakit yang namana takutusdipotongusrambutusmausom2usdiussalonus<<<opo iki??

yah pokokna males lah lok potong di salon ato tu

kang tjukur gt..

maka saia minta keikhlasan simbok saia untuk memotong rambut anakna yang ganteng ini…..

prosesi pemotongan rambut pun dimulai:

-ngatja,,mengamati model rambut yang terinspirasi dari bang hiro mizu untuk terakhir kalina…..

-kresss….kressss….bagian belakang dipotong masi berasa nyaman…

-kresss…kressss….bagian belakang agak nyamping dipotong masi agak nyaman…..

-kresss…kressss……kresssss….bagian samping dipotong perasaan mulai gag enak……

-bagian depan,,,,,kressss kresssss kressss kressss kressssss kresssss kressssss,,,,mulai panik n lontjat dari kursi,,,,,,

,,

pertjakapan di bawah aslina dalam bahasa jawa tapi langsung saia translate ke indonesia biar gag ribet……

saia:bu,,,ko banyak banget yg depan…

ibu :ah enggag,,,,itu masi panjang,,,,,

saia:ntar…ntar…tak ngatja dulu….

saia:*liat katja lalu teriak*aAaAaAaAaAaA….

ibu :kenapa?sini tak potong lagi…

saia:udah2 jangan dipotong lagi….T.T

ibu :*tjengok*

setelah itu saia bolak balik ngatja,,,ngatjak2 rambut mbil teriak2 histeris dah kaia anak monyet…….adek saia yg ngeliat pun tertawa terbihik-bihik ngeliat rambut saia yg uda beruba…dari model hiro mizu jadi model olga syahputra….nasib….nasib…….

olga:artis lokal,lenang kemayu,katjrut....

hiro:aktor jepang ganteng,keren,ideal role model.....XD

postingan lama tertanggal:July 20th, 2008

PHASE I

Di warnet ‘h’daerah
‘m’…..”bang….komputer yang bisa pake plisdis yang
mana?”……….”SEMUA BISA!!!”penjaga warnet itu menjawab
dengan ketus sambil terus sibuk menggarap pembukuan tanpa sedikitpun
menoleh ke pelanggannya…..darah pun serasa kebut-kebutan dengan
kecepatan 250km/jam menuju ke ubun-ubun-saia….padahal sehari
sebelumnya saia gagal nge-download mangascan naruto gara2 flashdisk saia
gak bisa kebaca sama salah satu kompu yang ada di warnet yang
dijaga ama operator sialan ini…..yang lebih bikin jengkel lagi
kemaren nih OP ngasih saia duit kembalian yang sobek…..10ribuan
sobek….see….kerugian besar buat mahasiswa miskin kaya saia
ini…..tangan saia pun terkepal menahan amarah……pengen langsung
tak tulis nama OP sialan ini ke dalam ‘death note’-saia dengan
penyebab kematian di-bazooka ma gundam virtue…….tapi sayangna saia
g punya ‘death note’ n belum punya nafsu membunuh yang cukup
kuat………ya sud lah…..bwt apa ngurusin makhluk sialan kaya
gitu…gw ngeloyor aja ke salah satu bilik(?) di warnet itu………setelah
satu jam…………gw bayar deh pake duit sobek ntu…………. n
OP yg tak pernah mengucapkan terima kasih ma pelanggannya memasukan
duit sobek itu ke laci dengan pasrah….mungkin udah sadar diri kali
ya kalo dia yg ngasih duit sobek itu sebagai kembalian
kemaren….setelah ngasih kembalian…lagi2 OP itu sok sibuk…..sok
sibuk dengan computer-na….sok sibuk dengan pembukuan lah….sok
sibuk ngitungin duit…..tanpa mengucapkan terima kasih ke pelanggan
yang udah berkunjung ke warnet-na……hahahaahahahahahahhaha…..dasar
OP ***………^^

death note:anime/manga yg mayan booming beberapa waktu yang lalu..

PHASE II

Di toko buku ‘K’
mall ‘R’……kelar di warnet saia menuju toko buku ‘K’……liat2
aja c tujuan-na….tp mgkn klo ada buku bagus ya bisa dibeli…..begitu
masuk ke toko buku kok kaya ada yang aneh…….selagi saia
clingak-clinguk cengok  ngeliat apa yang aneh…….seseorang berbadan
tinggi,besar n berkulit hitam menghampiriku……..”maaf mas….belum
buka….masih diberesin…..”…….”Ow…”…….bisa
disimpulkan kalo orang tinggi,besar n berkulit hitam itu adalah
satpam yang belum memakai seragamnya………dalam hati saia berteriak
“GELA LOH!!!!……UDAH JAM 10 LEBIH KOK BELUM
BUKA….!!!!!!”…….dengan pasrah saia pun pulang tanpa
dendam………ABCDE..^^

postingan dah lama….090909,wednesday,11:23 p.m…….

Siang td..
Saat mengatjak rambut di tjermin kampus..
Ada mbak2 berkata..
“tjantik..kamu sombong sekarang..”
Dy terus mengulang2 kata SOMBONG..sampeg bibirna monyong..
Aku tertegun..
Mematung..
Mentjoba mentjerna apa yang terjadi..
Aku masih diam..
Tanganku bergerak meraba daguku sendiri..
Ada bulu tumbuh disitu..
Yang kalo dibentangkan mungkin sekitar 4-5cm..
Ya..itu jenggot..janggut ato apapun itu..
Jika aku berjenggot,kenapa dy memanggilku tjantik?
Aku tjuma menghela napas pasrah..
Aku melangkah gontai ke kelas..

-true story..tanpa rekayasa..